Inilah Alasan Toyota Kijang Innova Reborn Diesel Masih Laris Manis di Pasaran hingga Sekarang, Ternyata Ini Rahasianya tetap jadi idaman

Minggu, 25 Mei 2025 oleh journal

Inilah Alasan Toyota Kijang Innova Reborn Diesel Masih Laris Manis di Pasaran hingga Sekarang, Ternyata Ini Rahasianya tetap jadi idaman

Kenapa Toyota Kijang Innova Reborn Diesel Tetap Jadi Idola? Ini Alasannya!

Toyota Kijang Innova, termasuk varian terbarunya yaitu Zenix, memang selalu berhasil memikat hati masyarakat Indonesia. Tapi, ada satu hal yang menarik: Innova Reborn, model yang sudah cukup lama, ternyata masih jadi primadona di pasar otomotif. Apa sih rahasianya?

Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan bahwa total penjualan Innova Reborn dan Zenix mencapai angka 21.120 unit. Dari angka tersebut, Innova Reborn berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 9.545 unit, mengungguli varian lainnya. Sementara itu, Zenix non-hybrid terjual 3.163 unit, dan Zenix hybrid mencuri perhatian dengan penjualan 8.503 unit.

"Indonesia ini memang unik. Selera dan kebutuhan konsumennya beragam. Karena itulah, Toyota berusaha menyediakan pilihan yang lengkap," ujar Anton Jimmi, Chief Executive Auto2000, saat ditemui di PIK 2, Jakarta Utara.

Anton menambahkan bahwa saat ini terjadi pergeseran preferensi konsumen. Jika dulu banyak yang memilih mesin bensin, sekarang semakin banyak yang beralih ke mesin diesel atau teknologi hybrid.

"Permintaan untuk mobil dengan mesin bensin murni semakin menurun. Konsumen sekarang lebih memilih Innova Reborn diesel atau Zenix hybrid. Dan tren untuk hybrid ini semakin lama semakin meningkat," jelasnya.

Sebagai informasi tambahan, Auto2000 berkontribusi sekitar 40% dari total penjualan Toyota secara nasional. "Kalau di Auto2000, penjualan sekitar 2.000-an unit. Untuk Zenix hybrid dan Reborn, kira-kira fifty-fifty lah. Dalam penjualan Zenix, 80-90% adalah varian hybrid, sedangkan Reborn hampir 100% adalah diesel," ungkap Anton.

Perlu diketahui, mesin diesel memang hanya tersedia pada Innova Reborn. Sementara Innova Zenix sepenuhnya mengandalkan mesin bensin. Pada beberapa varian, mesin bensin ini dipadukan dengan teknologi hybrid untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Selain desainnya yang masih kental dengan nuansa MPV, Innova Reborn juga mempertahankan sistem penggerak roda belakang (rear wheel drive) yang menjadi salah satu daya tariknya.

Di sisi lain, Toyota Kijang Innova Zenix kini menggunakan platform Toyota New Generation Architecture (TNGA). Generasi ketujuh Kijang Innova ini mengadopsi platform TNGA: GA-C dengan struktur monokok, menggantikan struktur ladder on frame pada model sebelumnya. Innova Zenix juga beralih menggunakan penggerak roda depan (FWD).

Kijang Innova Zenix versi bensin dibekali mesin 2.000 cc berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine. Mesin 1.987 cc empat silinder dual VVT-i ini menghasilkan tenaga hingga 174 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 204,9 Nm. Sementara varian hybrid menggabungkan mesin TNGA 2.000 cc M20A-FXS (152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm) dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Hasilnya, tenaga gabungan mencapai 186 PS.

Sebagai perbandingan, Toyota Kijang Innova Reborn diesel dilengkapi dengan mesin berkode 2GD FTV dengan empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc ini menghasilkan tenaga maksimal 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm.

Punya Kijang Innova Reborn Diesel dan ingin performanya tetap terjaga? Yuk, simak beberapa tips praktis berikut ini:

1. Rutin Ganti Oli Mesin - Oli mesin adalah 'darah' bagi mesin diesel Anda. Pastikan Anda mengganti oli secara teratur sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin diesel Innova Reborn Anda. Misalnya, gunakan oli dengan viskositas yang tepat dan memiliki sertifikasi API yang sesuai.

Ini akan membantu menjaga mesin tetap bersih, terlumasi dengan baik, dan mencegah kerusakan.

2. Perhatikan Kualitas Bahan Bakar - Mesin diesel sangat sensitif terhadap kualitas bahan bakar. Usahakan selalu mengisi bahan bakar di SPBU yang terpercaya dan hindari penggunaan bahan bakar yang kotor atau tercampur air.

Bahan bakar berkualitas buruk dapat menyebabkan kerusakan pada injector dan komponen mesin lainnya.

3. Bersihkan Filter Udara Secara Berkala - Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara ke mesin, menyebabkan penurunan performa dan peningkatan konsumsi bahan bakar.

Periksa dan bersihkan filter udara secara berkala, terutama jika Anda sering berkendara di daerah berdebu. Jika sudah terlalu kotor, segera ganti dengan yang baru.

4. Lakukan Servis Rutin di Bengkel Resmi - Servis rutin di bengkel resmi Toyota akan memastikan bahwa semua komponen mesin diperiksa dan dirawat dengan baik oleh mekanik yang terlatih.

Mereka akan melakukan pengecekan menyeluruh, termasuk sistem pembakaran, sistem pendingin, dan komponen lainnya. Ini akan membantu mencegah masalah yang lebih besar di kemudian hari.

Kenapa ya, menurut Bapak Budi, Innova Reborn Diesel masih banyak dicari orang?

Menurut pengamat otomotif, Bapak Budi Santoso, "Innova Reborn Diesel itu punya kombinasi yang pas antara ketangguhan mesin, kapasitas penumpang yang besar, dan harga yang relatif terjangkau. Mesin dieselnya terkenal bandel dan irit bahan bakar, cocok untuk perjalanan jauh. Selain itu, banyak yang suka dengan desainnya yang masih terlihat MPV banget."

Apakah benar kata Ibu Sinta, Innova Zenix lebih irit dari Innova Reborn?

"Betul sekali," kata Ibu Sinta Dewi, seorang pakar efisiensi bahan bakar. "Innova Zenix, terutama varian hybrid-nya, memang dirancang untuk lebih irit bahan bakar dibandingkan Innova Reborn. Teknologi hybrid memungkinkan mobil untuk menggunakan tenaga listrik pada kecepatan rendah, sehingga konsumsi bahan bakar bisa ditekan."

Kata Mas Joko, lebih enak mana, penggerak roda depan atau belakang?

"Ini tergantung preferensi masing-masing," jawab Mas Joko Susilo, seorang drifter profesional. "Penggerak roda belakang (RWD) seperti pada Innova Reborn, biasanya memberikan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan dan responsif, terutama saat bermanuver. Sementara penggerak roda depan (FWD) seperti pada Innova Zenix, umumnya lebih stabil dan mudah dikendalikan, terutama di jalan licin."

Apakah Kijang Innova Zenix nyaman dikendarai seperti yang dikatakan Mbak Ani?

Menurut Mbak Ani Putri, seorang ibu rumah tangga dengan tiga anak, "Kijang Innova Zenix itu nyaman banget buat keluarga. Suspensi-nya empuk, kabinnya luas, dan fiturnya juga lengkap. Apalagi yang hybrid, suaranya halus banget, jadi anak-anak bisa tidur nyenyak selama perjalanan."

Menurut Pak Herman, apa saja perbedaan signifikan antara Innova Reborn dan Zenix?

Pak Herman Suryanto, seorang mekanik senior di bengkel resmi Toyota, menjelaskan, "Perbedaan paling signifikan ada pada platform, penggerak roda, dan mesin. Innova Reborn menggunakan platform ladder on frame dengan penggerak roda belakang dan mesin diesel. Sementara Innova Zenix menggunakan platform TNGA dengan penggerak roda depan dan mesin bensin (ada juga varian hybrid). Selain itu, desainnya juga berbeda, Innova Zenix lebih modern dan futuristik."